Mesin Konversi Energi (Turbin Gas)

 on Thursday, October 1, 2015  

Turbin gas adalah suatu alat yang dapat menghasilkan energi dari proses pembakaran gas panas dan dialirkan untuk menggerakkan turbin.
Turbin gas banyak digunakan oleh pesawat terbang, helikopter dan pembangkit energi listrik skala kecil. Turbin gas digunakan karena memiliki kelebihan.
Daya yang dihasilkan turbin gas lebih banyak dibandingkan dengan mesin siklus 4 atau 2 tak dengan berat mesin yang sama. Artinya dengan berat yang sama daya yang dihasilkan turbin gas lebih banyak, oleh karena itu turbin gas banyak digunakan untuk alat transportasi seperti yang disebutkan diatas.

KLASIFIKASI TURBIN GAS
Turbin gas dapat dibedakan berdasarkan siklusnya, kontruksi poros dan lainnya.
  1. Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari:
1.      Turbin gas siklus tertutup (Close cycle)
2.      Turbin gas siklus terbuka (Open cycle)
Perbedaan dari kedua tipe ini adalah berdasarkan siklus fluida kerja. Pada turbin gas siklus terbuka, akhir ekspansi fluida kerjanya langsung dibuang ke udara atmosfir, sedangkan untuk siklus tertutup akhir ekspansi fluida kerjanya didinginkan untuk kembali ke dalam proses awal.
  1. Menurut konstruksi porosnya, dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu :
1.      Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft)
Turbin jenis ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri.
2.      Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft)
Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses.

Mesin Konversi Energi (Turbin Gas) 4.5 5 Anonymous Thursday, October 1, 2015 Turbin gas adalah suatu alat yang dapat menghasilkan energi dari proses pembakaran gas panas dan dialirkan untuk menggerakkan turbin. Tu...


No comments:

Post a Comment